Rabu, 20 April 2011

NetBeans

NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi memenangkan-penghargaan yang tersedia untuk Windows, Mac, Linux, dan Solaris. Proyek NetBeans terdiri dari open-source IDE dan platform aplikasi yang memungkinkan pengembang untuk secara cepat membuat web, perusahaan, desktop, dan aplikasi mobile menggunakan platform Java, serta JavaFX, PHP, JavaScript dan Ajax, Ruby dan Ruby on Rails , Groovy dan Grails, dan C / C + +.
Proyek ini didukung oleh NetBeans yang bersemangat komunitas pengembang dan menawarkan luas dokumentasi sumber daya serta pilihan beragam pihak ketiga plugin


Dasar Belajar NetBeans



Memulai NetBeans
  1. Jalankan /Buka aplikasi NetBeans yang telah anda install
  2. Pilih File> New Project (Ctrl-Shift-N), seperti ditunjukkan pada gambar di bawah.
    NetBeans IDE with the File > New Project menu item selected.
  3. Dalam New Project wizard, buka kategori Java dan pilih Java Application seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Kemudian klik Next.NetBeans IDE, New Project wizard, Choose Project page.
  4. Dalam Nama dan halaman Lokasi wizard, lakukan yang berikut (seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini):
    • Di bidang Nama Proyek, ketik HelloWorldApp .
    • Biarkan Gunakan Dedicated Folder untuk Menyimpan Perpustakaan kotak centang yang tidak dipilih.
    • Dalam bidang Kelas Buat Utama, tipe helloworldapp.HelloWorldApp .
    • Biarkan kotak centang Set as Main Project dipilih.
    NetBeans IDE, New Project wizard, Name and Location page.
  5. Klik Finish.
Proyek dibuat dan dibuka dalam IDE. Anda harus melihat komponen-komponen berikut:
  • Jendela Projects, yang berisi tampilan pohon dari berbagai komponen proyek, termasuk file sumber, pustaka yang mendasari kode Anda tergantung pada, dan sebagainya.
  • Jendela Source Editor berisi file yang disebut HelloWorldApp terbuka.
  • Jendela Navigator, yang dapat Anda gunakan untuk navigasi cepat antar elemen di dalam kelas yang dipilih.
  • Tugas jendela, yang berisi daftar error kompilasi serta tugas-tugas lain yang ditandai dengan kata kunci seperti XXX dan TODO.
NetBeans IDE with the HelloWorldApp project open.

Menambahkan Kode ke File Sumber Yang Terbentuk

Karena Anda telah meninggalkan Create Main Class dipilih dalam New Project wizard, maka IDE telah membuat kelas kerangka utama untuk Anda. Anda dapat menambahkan "Hello World!" pesan ke kode kerangka dengan mengganti baris:
            / / TODO kode aplikasi logika di sini
        
dengan baris:
            System.out.println ("Hello World!");
        
Simpan perubahan tersebut dengan memilih File> Save.
File harus terlihat seperti contoh kode berikut.
/ * * Untuk mengubah template ini, pilih Tools | * Template dan buka template dalam editor. * / Paket HelloWorldApp; / ** * * @ author * <your <nama / HelloWorldApp public class {/ ** * @ param args baris perintah * argumen / public static void main (String [] args) {System.out. println ("Hello World!");}}

        

Kompilasi dan Menjalankan Program

Karena Kompilasi IDE pada fitur Save, Anda tidak harus secara manual mengkompilasi proyek Anda untuk menjalankannya dalam IDE. Bila Anda menyimpan file sumber Java, IDE secara otomatis mengkompilasi itu.
The kompilasi pada fitur Save dapat dimatikan pada jendela Properties Proyek. Klik kanan proyek anda, pilih Properties. Di jendela Properties, pilih tab Kompilasi. The kompilasi pada checkbox Save yang benar di bagian atas. Perhatikan bahwa pada jendela Project Properties Anda dapat mengkonfigurasi berbagai pengaturan untuk proyek Anda: perpustakaan proyek, kemasan, bangunan, berjalan, dll
Untuk menjalankan program:
  • Pilih Run Proyek Utama> Run (F6).
Gambar berikut menunjukkan apa yang Anda sekarang harus melihat.
The program prints Hello World! to the Output window (along with other output from the build script).
Selamat! Program Anda bekerja!
Jika ada error kompilasi, mereka ditandai dengan glyph merah di margin kiri dan kanan Source Editor. Para glyphs di sisi kiri menunjukkan kesalahan untuk baris yang sesuai. Para glyphs di margin kanan menampilkan semua bidang file yang memiliki kesalahan, termasuk kesalahan dalam garis yang tidak terlihat. Anda dapat mengarahkan mouse ke tanda kesalahan untuk mendapatkan gambaran dari kesalahan. Anda dapat mengklik sebuah mesin terbang di margin kanan untuk melompat ke baris dengan kesalahan.

SELAMAT BELAJAR........




Tidak ada komentar:

Posting Komentar